Salam Silaturahmi dari Guru PAI SMKN 5 Surabaya

Tata Niat, terus Ikhtiyar dan Doa serta Tawakkal Pada Allah Swt

SHOLEH LUAR DALAM

Semangat mengaji tanpa batas

Ikhtiyar dengan AL-Qur'an dan Sholawat

#Dirumahaja|Temukan Kesholehan bersama orang tercinta

SEMANGAT IBADAH DENGAN MENGHARAP RIDHO ALLAH

Karena bisa jadi bukan ibadahmu yang menyelamatkanmu

Follow Us in Instagram

ngaji bersama GPAI Stembaya

# SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI GURU MAPEL PAI SMKN 5 SURABAYA, NGAJI SEPANJANG HAYAT | INFO : SELAMA MASA PEMBELAJARAN DI RUMAH, PEMBELAJARAN PAI DIPUSATKAN DI SITUS RESMI INI, BAGI SISWA-SISWI SMKN 5 SURABAYA SILAHKAN KOORDINASI DENGAN GURU PAI MASING-MASING UNTUK BERSAMA-SAMA MEMBERDAYAKAN SITUS INI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH # .....

Sabtu, 25 April 2020

NGAJOL SESI 4 : BERSHADAQAH DENGAN HARTA HARAM ???


NgajOL sesi-4
SEPUTAR INFAQ, SHODAQOH DAN JARIYAH


Siapa Bilang Sedekah Tidak Wajib? | Inisiatif Zakat IndonesiaPenjelasan :
Infaq dari kata nafaqoh, artinya memberi nafaqoh / harta. Shodaqoh adalah pemberian dengan tujuan mengaharapkan/mencari pahala dari Allah SWT. Sedangkan, Jariyah artinya mengalir. biasa dikaitkan dengan amal jariyah atau shodaqoh jariyah artinya shodaqoh yang pahalanya tetap mengalir meskipun si pemberi sudah meninggal, misalnya wakaf. Atau memberikan sesuatu yang bernilai manfaat dan bersifat tidak mudah rusak ketika diambil manfaatnya. jadi jariyah masuk shodaqoh, dan shodaqoh masuk infaq. infaq lebih bersifat umum.

وتأوّل بعض أصحابه قول عمر علـى أن الزكاة هنا النفقة كحديث: «إذا أنفق الـمسلـم علـى أهله كانت له صدقة» وتعقب بأن اسم الزكاة لا يطلق علـى النفقة لغة ولا شرعاً، ولا يقاس علـى لفظ صدقة لأن اللغة لا تؤخذ بـالقـياس، وأيضاً فـالصدقة لا تطلق علـى النفقة وإنـما وصفت بـالصدقة فـي الـحديث لأنه يؤجر علـيها، وحجة الـجمهور عموم حديث: «تؤخذ من أغنـيائهم فترد علـى فقرائهم» والقـياس علـى زكاة الـحرث والفطر والولـي هو الـمخاطب بـالزكاة فـيأثم بترك إخراجها لا الطفل.

Keterangan dalam syarah muwatho - Syaikh az-zarqoniy Zakat termasuk shodaqoh juga, tapi shodaqoh yang bersifat wajib.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ [٩:١٠٣[

"Wahai Rasul, ambillah sedekah dari harta orang-orang yang bertobat itu, yang dapat membersihkan mereka dari dosa dan kekikiran dan dapat mengangkat derajat mereka di sisi Allah. Doakanlah mereka dengan kebaikan dan hidayah, karena sesungguhnya doamu dapat menenangkan jiwa dan menenteramkan kalbu mereka. Allah Maha Mendengar doa dan Maha Mengetahui"

Pertanyaan :
Mohon penjelasannya Ustad.. Apakah boleh sodakoh atau zakat pake uang haram ? apakah bisa uang haram disucikan agar bisa menjadi halal dan bisa disodaqohkan?

Penjelasan:
Sesungguhnya Allah tidak menerima shadaqah / zakat dengan yang haram, dan tidak akan menerima do’anya, berikut dasarnya :

وأما قوله صلى الله عليه و سلم ولا صدقة من غلول فهو بضم الغين والغلول الخيانة وأصله السرقة من مال الغنيمة قبل القسمة وأما قول بن عامر ادع لى فقال بن عمر رضي الله عنهما سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول لا يقبل الله صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول وكنت على البصرة فمعناه أنك لست بسالم من الغلول فقد كنت واليا على البصرة وتعلقت بك تبعات من حقوق الله تعالى وحقوق العباد ولا يقبل الدعاء لمن هذه صفته كما لا تقبل الصلاة والصدقة الا من متصون والظاهر والله أعلم.

Perhatikan keterangan dalam Kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Juz 3 Halaman 104

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من اصاب مالا من ماثم فوصل به رحما او تصدق به انفقه في سبيل الله جمع الله جميعه ثم قذفه فى النار

Rosululloh bersabda: barang siapa yang memperoleh harta dari pekerjaan dosa,kemudian ia pergunakan untuk menyambung kerabat atau disedekahkan di jalan Allah SWT, maka Allah akan mengumpulkan semuanya dan melemparkannya ke neraka.
Ada keterangan dalam kitab ihya' Ulumuddin juz 2 halaman 91.

ﻭﻓﻰ ﻧﻔﺲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﺟﺮﺓ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻤﻌﺼﻴﺔﺣﺮﺍﻡ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻣﻨﻬﺎ ﻻﻳﺠﻮﺯ ﻭﻻﻳﺼﺢ . ﺇﻫـ

Ongkos pekerjaan yang berhubungan dengan maksiat itu haram, dan mensedekahkannya juga tidak boleh dan tidak sah. [ Ihya ulumuddin juz 2 hal.91].

Imam Nawawi dalam kitabnya, " Al-Majmu' " menuqil pendapat dari Imam Al-Ghozali yang menyatakan bahwa seseorang yang memiliki harta yang harom dan ingin bertaubat maka jika pemilik harta tersebut masih hidup, wajib mengembalikan harta tersebut kepada pemiliknya atau wakilnya,dan jika pemiliknya sudah meninggal dunia diberikan kepada ahli warisnya,dan jika tidak diketahui pemiliknya, maka harta tersebut hendaknya dibelanjakan untuk kemaslahatan kaum muslimin yang bersifat umum, semisal untuk membangun masjid.

Pendapat yang dikemukakan oleh Imam Ghozali tersebut juga dituturkan oleh beberapa ulama' madzhab syafi'i yang lain,Imam Ghozali juga meriwayatkan pendapat tersebut dari Mu'awiyah bin Abu Sufyan rodhiyallohu 'anhu,Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Al-Harits Al-Muhasibi dan yang lainnya bahwasanya tidak diperbolehkan membuang harta tersebut dengan cara membuangnya, namun dibelanjakan untuk kemaslahatan kaum muslimin.

Berdasarkan uraian dari Imam Ghozali diatas, diperbolehkan membangun masjid dengan harta yang dihasilkan dari pekerjaan yang harom, seperti harta yang dihasilkan dari penjualan minuman keras.  Dan hal tersebut dilakukan bukan dalam rangka sedekah namun sebagai bentuk taubat seseorang yang memiliki harta harom.

Kesimpulannya:
·              Tidak sah shodaqoh atau zakat dari harta harom
·      Ketika si pelaku ingin bertaubat, maka harta tersebut harus dikembalikan pada si empunya atau wakilnya, jika empunya sudah wafat maka serahkan pada ahli warisnya, jika tidak ada maka harta tersebut tidak boleh dibuang atau dipendam, namun ditasarrufkan pada kemashlahatan muslimin. Tasaruf ini tidak dikatakan shodaqoh, namun bentuk pembebasan diri dari harta harom tsb. Wallahu a'lam.

Dasar rujukan dari kitab Al-Majmu' Juz : 9 Hal : 351

ﻓﺮﻉ : ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﻌﻪ ﻣﺎﻝ ﺣﺮﺍﻡ ﻭﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻟﺒﺮﺍﺀﺓ ﻣﻨﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻣﺎﻟﻚ ﻣﻌﻴﻦ ﻭﺟﺐ ﺻﺮﻓﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﺃﻭ ﺇﻟﻰ ﻭﻛﻴﻠﻪ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻴﺘﺎ ﻭﺟﺐ ﺩﻓﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﻭﺍﺭﺛﻪ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻤﺎﻟﻚ ﻻ ﻳﻌﺮﻓﻪ ﻭﻳﺌﺲ ﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺘﻪ ﻓﻴﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺼﺮﻓﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻛﺎﻟﻘﻨﺎﻃﺮ ﻭﺍﻟﺮﺑﻂ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﻣﺼﺎﻟﺢ ﻃﺮﻳﻖ ﻣﻜﺔ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻳﺸﺘﺮﻙ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻓﻴﻪ ﻭﺇﻻ ﻓﻴﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻘﻴﺮ ﺃﻭ ﻓﻘﺮﺍﺀ ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺘﻮﻟﻰ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﻔﻴﻔﺎ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻋﻔﻴﻔﺎ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻢ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﺈﻥ ﺳﻠﻤﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﺻﺎﺭ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﺿﺎﻣﻨﺎ ﺑﻞ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺤﻜﻢ ﺭﺟﻼ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﺘﺤﻜﻢ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﺍﻻﻧﻔﺮﺍﺩ ﻓﺈﻥ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﺗﻮﻻﻩ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﻫﻮ ﺍﻟﺼﺮﻑ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻬﺔ ﻭﺇﺫﺍ ﺩﻓﻌﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﺮﺍﻣﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﺑﻞ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻼﻻ ﻃﻴﺒﺎ ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻋﻴﺎﻟﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻘﻴﺮﺍ ﻷﻥ ﻋﻴﺎﻟﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻓﻘﺮﺍﺀ, ﻓﺎﻟﻮﺻﻒ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻓﻴﻬﻢ ﺑﻞ ﻫﻢ ﺃﻭﻟﻰ ﻣﻦ ﻳﺘﺼﺪﻕ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻟﻪ ﻫﻮ ﺃﻥ ﻳﺄﺧﺬ ﻣﻨﻪ ﻗﺪﺭ ﺣﺎﺟﺘﻪ ﻷﻧﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﻓﻘﻴﺮ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺎﻟﻪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﺮﻉ ﺫﻛﺮﻩ ﺁﺧﺮﻭﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻭﻫﻮ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻔﻴﺎﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﻭﺍﻟﺤﺎﺭﺙ ﺍﻟﻤﺤﺎﺳﺒﻲ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻮﺭﻉ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺗﻼﻑ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﺭﻣﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻓﻠﻢ ﻳﺒﻖ ﺇﻻ ﺻﺮﻓﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ

Wallahu A’lam Bis Showwab
Semoga dapat difahami dan membawa manfaat. 

Nara Sumber : Ust. Muchamad Sofyan Hadi, M.Pd.I

Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
Baca Juga : HARTA YANG DIBAWAH MATI


NGAJOL SESI 3 : (MASIH) PROBLEMATIKA SHOLAT WITIR

NgajOL. Sesi-3
 (2 RAMADHAN 1441 H)
PROBLEMATIKA SHOLAT WITIR
SELAMA RAMADHAN

Pertanyaan 1 :
Panduan Lengkap Sholat Dhuha : Niat, Tata Cara, Bacaan, Keutamaan
Saya mau tanya, apakah boleh melakukan sholat witir dalam tiga roka'at dalam satu salam?

Jawaban :
Boleh saja, 

Penjelasan :
) الوتر وأقله ركعة وأكثره إحدى عشرة ) ركعة ( وقيل ثلاث عشرة ) ركعة ، وأدنى الكمال ثلاث ، وأكمل منه خمس ثم سبع ثم تسع كما قاله في شرح المهذب ، فيحصل بكل مما ذكر ، قال صلى الله عليه وسلم : { من أحب أن يوتر بخمس فليفعل ، ومن أحب أن يوتر بثلاث فليفعل ، ومن أحب أن يوتر بواحدة فليفعل } رواه أبو داود بإسناد صحيح كما قاله في شرح المهذب ، وروى الدارقطني : { أوتروا بخمس أو سبع أو تسع أو إحدى عشرة } وروى الترمذي وحسنه عن أم سلمة قالت : { كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بثلاث عشرة } وحمل على أنها حسبت فيه سنة العشاء .
 ) ولمن زاد على ركعة الفصل ) بين الركعات بالسلام فينوي ركعتين مثلا من الوتر كما قاله في شرح المهذب .
)هو أفضل ) من الوصل الآتي لزيادته عليه بالسلام وغيره ( والوصل بتشهد ) في الآخرة ( أو تشهدين في الآخرتين ) قال ابن عمر : { كان النبي صلى الله عليه وسلم يفصل بين الشفع والوتر بتسليم } ، رواه ابن حبان وغيره ، وقالت عائشة : { كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بخمس لا يجلس إلا في آخرها } ، { وقالت : لما سئلت عن وتره صلى الله عليه وسلم كان يصلي تسع ركعات لا يجلس إلا في الثامنة ولا يسلم ، والتاسعة ثم يسلم } ، رواهما مسلم ولا يجوز في الوصل أكثر من تشهدين ولا فعل أولهما قبل الآخرتين لأنه خلاف المنقول من فعله صلى الله عليه وسلم

Witir minimal 1 rakaat maksimal 11 rakaat (menurut pendapat lain 13 rakaat). Minimal sempurna 3 rakaat, tingkatan diatasnya 5 rakaat, lalu 7 kemudian 9.semua berdasarkan Sabda Nabi yang artinya :barang siapa suka witir 5 rakaan lakukanlah,ato lebih suka dengan 3 rakaat maka kerjakanlah,ato dengan 1 rakaat maka laksanakanlah.HR abu daud dengan sanad sohih. Sedang riwayat imam daruqutny:witirlah dengan 5,7,9 atau 11 rekaat ) dalam keterangan yang laen disebutkan Nabi witir dengn 13 rakaat. yang ini dimungkinkan plus sunat ba'diyah isya`nya.

Jadi menurut pendapat yg mu'tamad Maximal sholat witir 11 rakaat :
وأكثره إحدى عشرة

Lima cara sholat witir yang boleh :

(1). dua + satu / 2 + 1 :

والفصل بين الركعات بالسلام كأن ينوي ركعتين من الوتر أفضل منه لزيادته عليه
(2). 4 + 1 / 6 + 1 / dst... 10 + 1 :

أو تشهدين في الأخيرتين للاتباع في ذلك رواه مسلم والأول أفضل
(3). 1 rakaat saja :

وأقله ركعة وإن لم يتقدمها نفل من سنة العشاء أو غيرها
(4). 3 rakaat 2 tasyahhud dengan 1 salam (Hanafiyah):

أو تشهدين في الأخيرتين للاتباع في ذلك رواه مسلم والأول أفضل
(5). 3/5/7/9/11 dengan 1 salam :
ولمن زاد على ركعة في الوتر الوصل بتشهد في الأخيرة


Sedangkan Cara sholat witir yang tidak boleh dilakukan adalah dengan cara  diwashol dengan melaksanakan lebih dari dua tasyahhud :

ولا يجوز في الوصل أكثر من تشهدين ولا فعل أولهما قبل الأخيرتين لأنه خلاف المنقول من فعله صلى الله عليه وسلم

Kalo mau melihat rujukan Lengkapnya ada di kitab FATHUL WAHHAB :

وأقله ركعة وإن لم يتقدمها نفل من سنة العشاء أو غيرها قال في المجموع وأدنى الكمال ثلاث وأكمل منه خمس ثم سبع ثم تسع وأكثره إحدى عشرة روى أبو داود بإسناد صحيح

__________________________________

Pertanyaan 2 :
Apa alasan shalat witir 3 rokaat dikerjakan dengan 2 kali salam ?

Jawaban :
Shalat witir dalam tiga roka'at sekaligus dengan 1 salam boleh, tapi yang lebih utama dengan 2 salam, karena sesuai dengan kaidah ushul fiqh :

MAA KAANA AKTSARO FI'LAN KAANA AKTSRO FADHLAN,
"Apa-apa (ibadah ) yang lebih banyak pekerjaannya maka lebih banyak keutamaannya"

Melakukan sholat witir dengan 3 roka'at dengan 1 salam disebut washol. Dan melakukan witir 2 roka'at lalu salam, kemudian 1 roka'at lagi lalu salam di sebut fashol.

Kaifiyat yang kedua inilah yang afdhol, yaitu yang di fasholkan, di pisahkan dua dengan 1 salam, kemudian 1 roka'at dengan 1 salam. Mewasholkan atau memfasholkan witir adalah boleh di lakukan, tetapi yang lebih utama adalah yang di fasholkan. Sebagaimana keterangan dalam kitab Hasyiah bajuri, juz 1 hlm 132:

“Bolehlah untuk orang yang melebihkan atas 1 roka'at, memfasholkan & mewasholkan”.  Fashal, adalah di pisahkannya roka'at yang terakhir dari roka'at sebelumya. Sehingga jika sholatnya 10 roka'at dengan 1 takbirotul ihrom, dan ditambah  1 roka'at yang akhir dengan 1 takbirotul ihram, adalah yang demikian itu di sebut fashol. Sedangkan washol adalah di hubungkan roka'at yang akhir dengan roka'at yang sebelumya. Dan fashol itu lebih afdol dari pada washol.

Berikutnya perhatikan juga keterangan dalam kitab fathul mu'in :

ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين بالسلام وهو أفضل من الوصل بتشهد أو تشهدين في الركعتين الأخيرتين ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين والوصل خلاف الأولى فيما عدا الثلاث وفيها مكروه للنهي عنه في خبر ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب

"Boleh bagi orang yang melakukan sholat witir yang lebih 1 rokaat untuk melakukan alfaslu / memisah dengan salam diantara setiap 2 rokaat dan ini lebih utama dari pada washol / langsung dengan melakukan 1 tasyahud atau 2 tasyahud pada 2 rekaat yang akhir dan juga tidak boleh bagi yang washol melakukan lebih dari 2 tasyahud

Dan hukum washol/langsung itu khilaful aula pada sholat witir selain 3 rokaat dan jika 3 rokaat maka dihukumi makruh karena ada larangan dari hadis  yang diterangkan dalam kitab 'Ianatut Tholibin juz : 1 - "Janganlah kalian menyerupakan witir dengan sholat magrib"

)قوله للنهي عنه )أي عن الوصل) وقوله في خبر ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب ( قال ش ق لا يقال التشبيه لا يظهر إلا فيما إذا أوتر بثلاث ركعات فإن أوتر بخمس أو سبع مثلا فلا تشبيه لأنا نقول هو موجود أيضا من حيث الإتيان بتشهدين أحدهما قبل الأخيرة والآخر بعدها

_______________________________________

Pertanyaan 3 :
Ustadz di dalam sholat witir yang 1 rokaat di setalah sholat tarawih itu kok menggunakan 3 surat mohon penjelasannya ?!

Penjelasan :
Ada hadits yang diriwayatkan oleh imam an-nasa'i dan ibnu majah , bahwa siti 'aisyah pernah ditanya tentang cara nabi Muhammad SAW shalat witir. Dan Sayyidah 'aisyah menjawab : Bahwa nabi muhammad shalat witir pada rakaat pertama dengan surah ''sabbihis marabbikal a'la'', di rakaat kedua dengan membaca surah ''qul ya ayyuhal kafirun'', dan di rakaat ketiga (witir yang 1 rakaat) dengan membaca ''qul huwallahu ahad'' serta ''qul a'udzu bi rabbil falaq'' dan ''qul a'udzu bi rabbin nas''.

Monggo dicek keterangan dalam kitab I'anatut thalibin juz1/ hal.250

قوله و یسن لمن اوتر بثلاث ان یقرا الخ ای لما رواه النسائ و ابن ماجه سئلت عائشه رضی الله عنها بای شئ کان یوتر رسول الله صلی الله علیه و سلم قالت کان یقرا فی الاولی بسبح اسم ربک الاعلی و فی الثانیه بقل یا ایها الکافرون و فی الثالثه بقل هو الله احد و المعوذتین
__________________________________

Pertanyaan ke- 4 :
“Ustadz Jika sholat witir di-cicil boleh tidak ?, seperti begini : sehabis sholat taraweh kita witir 3 rakaat, lalu kita biasanya suka dzikir bersama, lalu berdoa bersama lalu setelah itu saya witir lagi 8 rakaat jadi jumlah witirnya 11 , atau nambah witirnya nanti sekalian setelah qiyamullail, bolehkah witir yang dicicil seperti itu/diselingi dulu kegiatan lain ?

Penjelasan :
Boleh, karena dalam mengerjakan witir tidak disyaratkan muwalat (terus menerus). Hanya saja khilaful afdhol (menyelisihi keutamaan). Wallahu a'lam. Lebih jelasnya silahkan dicek kitab Bughyatul Mustarsyidin hal. 61 :

ﻭﻋﺒﺎﺭﺗﻪ ؛ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺑﻴﻦ ﺭﻛﻌﺎﺕ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﺍﻭ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﺑﻨﻔﻞ ﺍﺧﺮ ﺇﺫ ﻻ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﺇﻻ ﻋﻤﺎ ﻗﺒﻠﻪ ﻟﻜﻨﻪ ﺧﻼﻑ ﺍﻷﻓﻀﻞ

________________________________

Wallahu A’lam Bis Showwab
Semoga manfaat
Semangat selalu ngge....
_________________________________
Nara Sumber : Ust. Mucahamad Sofyan Hadi, M.Pd.I

Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
Baca Juga : Sholat Sunnah Usai Witir





Jumat, 24 April 2020

NGAJOL SESI 2 : SHOLAT SUNNAH USAI WITIR


Shalat Witir Tiga Rakaat Sekaligus, Bolehkah?
NgajOL di rumah saja
Sesi- 2

SHOLAT SUNNAH USAI SHOLAT WITIR

Bagaimana hukum melaksanakan sholat sunnah setelah menunaikan sholat witir ?

Penjelasan :
Intinya hal itu diperbolehkan. Njenengan bisa memilih mau witir di awal atau diakhir malam, berdasarkan Qoul : Waqod kana abu bakrin R.A yutiru qobla an-yanama, tsumma yaqumu wayatahajjadu..wa umar R.A yanamu qobla an-yutiro , wayaqumu wayatahajjadu wayutiru, fatarofa'a ila rasulillah Saw faqola: hadza akhudzu bilhazmi,ya'ni abi bakrin wahada akhudzu bilquwwah ya'ni umaro. [ Fathul mu'in ].

ويسن جعله آخر صلاة الليل ) ولو نام قبله لخبر الشيخين اجعلوا آخر صلاتكم من الليل وترا
فإن كان له تهجد أخر الوتر إلى أن يتهجد وإلا أوتر بعد فريضة العشاء وراتبتها هذا ما في الروضة كأصلها وقيده في المجموع بما إذا لم يثق بيقظته آخر الليل وإلا فتأخيره أفضل لخبر مسلم من خاف أن لا يقوم آخر الليل فليوتر أوله ومن طمع أن يقوم آخره فليوتر آخر الليل فإن صلاة آخر الليل مشهودة وذلك أفضل 

Disunahkan menjadikan shalat witir sebagai penutup dari rangkaian shalat malam meskipun ia tidur sebelum shalat malamnya berdasarkan hadits Nabi “Jadikanlah akhir shalat malam kalian berupa shalat witir” (HR. Bukhari muslim). Bila ia memiliki shalat Tahajjud dimalam harinya disunahkan mengakhirkan witirnya bila tidak lakukan witir setelah shalat isya….

Imam Nawawi dalam al-majmu’ memberi batasan hal demikian (shalat witir setelah isya) bila memang ia tidak yakin mampu bangun diakhir malam, bila yakin mampu maka yang lebih utama baginya mengakhirkan witir berdasarkan hadits riwayat muslim : "Barangsiapa takut tidak bisa bangun di akhir malam, maka hendaknya dia shalat witir di awal malam, barangsiapa bersemangat yakin untuk bangun di akhir malam maka hendaknya dia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan, dan itu lebih utama." (HR. Muslim).
Kitab Mughni al-Muhtaaj 
فيه دليل صريح على أن تأخير الوتر إلى آخر الليل أفضل لمن وثق بالاستيقاظ آخر الليل وأن من لا يثق بذلك فالتقديم له أفضل وهذا هو الصواب 

Dalil tegas ini menjelaskan bahwa mengakhirkan witir diakhir malam lebih utama bagi orang meyakini mampu bangun diakhir malam, dan melakukan witir sebelum tidur lebih utama bagi yang tidak yakin mampu bangun diakhir malam. [ Syarh Nawawi ala Muslim VI/25 ].

Dari keterangan-keterangan di atas berarti jelas bahwa shalat witir sebagai penutup dari rangkaian shalat malam hanyalah merupakan bentuk keutamaan bukan sebagai persyaratan. 

Berikutnya saya kuatkan dengan pertanyaan berikut :
Apabila sholat witir pada awal malam( sebelum tidur) dan pada pertengahan malam bangun mau sholat Tahajjud apakah tidak usah di akhiri dengan witir karena Witirnya sudah pada awal malam sebelum tidur? 

1.    Jika sebelum tidur sudah melaksanakan witir maka setelah bangun ketika melaksanakan sholat Tahajud tidak disunnahkan Witir lagi, 
2.    Jika tetap mengulangi witirnya yaitu dengan sengaja niat melakukan sholat witir serta mengetahui maka hukumnya haram serta tidak sah karena hadis " tiada dua witir dalam satu malam " 

- Kitab Fathul mu'in :
(فرع) يسن لمن وثق بيقطته قبل الفجر بنفسه أو غيره أن يؤخر الوتر كله لا التراويح عن أول الليل وإنفاتت الجماعة فيه بالتأخير في رمضان، لخبر الشيخين: اجعلوا آخر صلاتكم بالليل وترا.وتأخيره عن صلاةالليل الواقعة فيه، ولمن لم يثق بها أن يعجله قبل النوم.ولا يندب إعادته

- Kitab i'anatut tholibin dan nihayah :
)قوله: ولا يندب إعادته) أي لا تطلب إعادته، فإن أعاده بنية الوتر عامدا عالما حرم عليه ذلك، ولم ينعقد لخبر: لا


disampaikan oleh : Ust. Muchamad Sofyan hadi, M.Pd.I

NGAJOL SESI 1 : MAKNA BULAN RAMADHAN

NgaJol Dirumah aja   |  Sesi-1

Ramadan kareem 🌙 رمضان كريم ⭐ on We Heart ItAda yang tanya, kenapa bulan puasa kok dinamakan bulan ramadhan ?
Penjelasan :
Romadlon adalah bulan pembakaran dosa..romadlon artinya panas,

Sumber rujukan :
الحاوى الكبير ـ الماوردى (3/ 854)وَقَدْ رَوَى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ {صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ} قَالَ : إِنَّمَا سُمِّيَ رَمَضَانُ : لِأَنَّهُ يَرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ : يَحْرِقُهَا وَيَذْهَبُ بِهَا

Anas bin malik bercerita bahwa Rosululloh SAW bersabda, dinamakan Romadlon karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa.

حاشية البجيرمي على الخطيب (12/ 43(
وَرَمَضَانَ لِرَمَضِ الذُّنُوبِ فِيهِ ، لِأَنَّهُ يُرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ يُحْرِقُهَا ، وَقِيلَ : لِأَنَّ الْقُلُوبَ تُؤْخَذُ فِيهِ مِنْ حَرَارَةِ الْمَوْعِظَةِ ، وَقِيلَ : سُمِّيَ رَمَضَانَ ، لِأَنَّهُمْ لَمَّا نَقَلُوا أَسْمَاءَ الشُّهُورِ عَنْ اللُّغَةِ الْقَدِيمَةِ سَمَّوْهَا بِالْأَزْمِنَةِ الَّتِي وَقَعَتْ فِيهَا فَوَافَقَ زَمَنَ الْحَرِّ وَالرَّمَضِ
Dinamakan romadlon karena di bulan itu untuk membakar dosa karena pada bulan itu dosa-dosa pada dibakar dikatakan karena hati di bulan itu menerima panasnya mauidzoh, dikatakan bahwa dinamakan romadlon karena masyarakat terdahulu memberi nama pada bulan-bulan dengan bahasa terdahulu, mereka menamakan bulan dengan musim yang bertepatan pada bulan tersebut dan romadlon pas bertepatan dengan musim panas . Selain itu
Karena kewajiban puasa adalah pada bulan ramadhan, jadi lazim dalam khalayak ramai bulan ramadhan disebut bulan puasa. Keumuman yang terjadi pada masyarakat menyebut bukan pada maknanya, tapi ritualitas yang biasa diterapkan di dalamnya. Karena ramadhan identik dengan puasa, maka mereka menamakan bulan puasa. Meski maknanya ramadhan sendiri adalah sangat panas.
Perintah menjalankan puasa turun pada tanggal 10 bulan Sya'ban tahun 1,5 hijriyah. Adapula yang menyatakan tahun ke-2 hijriyah. Sebagai keterangan dalam beberapa kitab :
- Kitab Alfiqhu ala madzahibil arba'ah :
هو فرض عين على كل مكلف قادر على الصوم و قد فرض فى عشر من شهر شعبان بعد الهجرة بسنة و نصف
- Kitab Attaqrirot Assyadiidat :
وقت فرضه:فرض فى الثانية من الهجرة فى شهر شعبان
WALLOHU A'LAM .
Semoga manfaat.


Nara Sumber : Mochamad Ust Sofyan Hadi, M.Pd.I

Kamis, 23 April 2020

NEW : KELAS X, XI, DAN XII - TUGAS SELAMA RAMADHAN PENUH




Tugas Siswa :
Download Form Kegiatan Ramadhan

DOWNLOAD FORM

Kalau sudah di Download, diisi ya...!!! boleh langsung print Form tersebut atau buat sendiri menggunakan kertas/buku tulis, Form dikumpulkan saat Masuk sekolah ya...., sampaikan ke teman-temanmu ya....

Semoga Ibadah Ramadhan kita semakin Berkah dan diridhoi oleh Allah Swt ... Aamiiin
gpaismkn5sby. Diberdayakan oleh Blogger.