Salam Silaturahmi dari Guru PAI SMKN 5 Surabaya

Tata Niat, terus Ikhtiyar dan Doa serta Tawakkal Pada Allah Swt

SHOLEH LUAR DALAM

Semangat mengaji tanpa batas

Ikhtiyar dengan AL-Qur'an dan Sholawat

#Dirumahaja|Temukan Kesholehan bersama orang tercinta

SEMANGAT IBADAH DENGAN MENGHARAP RIDHO ALLAH

Karena bisa jadi bukan ibadahmu yang menyelamatkanmu

Follow Us in Instagram

ngaji bersama GPAI Stembaya

# SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI GURU MAPEL PAI SMKN 5 SURABAYA, NGAJI SEPANJANG HAYAT | INFO : SELAMA MASA PEMBELAJARAN DI RUMAH, PEMBELAJARAN PAI DIPUSATKAN DI SITUS RESMI INI, BAGI SISWA-SISWI SMKN 5 SURABAYA SILAHKAN KOORDINASI DENGAN GURU PAI MASING-MASING UNTUK BERSAMA-SAMA MEMBERDAYAKAN SITUS INI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH # .....

Rabu, 03 Juni 2020

NGAJOL 18 : APAKAH SHALAT JUM'AT MINIMAL 40 ORANG ?


DMI Atur Salat Jumat 2 Gelombang yang Didasarkan Ganjil-Genap Nomor HP

APAKAH SHALAT JUM'AT MINIMAL 40 ORANG ? 
oleh : Ust. Muchamad Sofyan Hadi, M.Pd.I*

PERTANYAN 1 :
Assalamu'alaikum, saya mau tanya mengenai landasan atau dasar dalil "mengapa Imam Syafi'i mengharuskan di dalam shalat jum'at jama'ahnya minimal 40 orang ?" mengapa harus 40 ? kemudian apa landasan dalilnya ?

PEMBAHASAN :
Ada beberapa hadits yang menjadi landasan syarat 40 orang dalam shalat jum'at, Salah satunya hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud RA:
أنه صلى الله عليه وسلم جمع بالمدينة وكانوا أربعين رجلا

Sesungguhnya Rosulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat jum'at di madinah dan jumlah mereka sebanyak 40 orang laki-laki.
 Dalam  hadits lain  Rosulullah bersabda:

إذا اجتمع أربعون فعليهم الجمعة

Jika berkumpul 40 orang maka wajib pada mereka shalat jum'at.
Dalam satu hadits Rosulullah juga bersabda:
ﻻ جمعة إﻻ في أربعين
Tiada kewajiban shalat jum'at kecuali dalam 40 orang. (I'anah Tholibin 2/56)

_______________________________________

PERTANYAAN 2 :
Lalu kemudian apakah ada pendapat yg memperbolehkan dilaksanakannya Jumatan jika jamaahnya kurang dari 40 orang ????

PEMBAHASAN :
Manurut madhab Syafi'i tidak sah salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 orang. Dan sebagian Ash-habus Syafi'iyyah memilih pada bolehnya salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 dengan taqlid pada pendapat yang membolehkannya.

ثم قال الشيخ سالم الحضري في كتابه المذكورة نمرة 21 ان للشافعي رحمهالله تعالى فب العدد الذي تنعقد به الجمعة اربعة اقوال قول معتمد وهو الجديد وهو كونهم اربعين بالشروط المذكورة , وثلاثة اقوال في المذهب القديم ضعيفة احدها اربعة احدهم الامام والثاني ثلاثة احدهم الامام والثالث اثنى عشر احدهم الامام , فعلى العاقل الطالب ما عند الله تعالى من ثوابه ورضاه ان لايترك الجمعة ما نأتي فعلها على واحد من هذه الاقوال الاربعة ولكن اذا لم تعلم الجمعة انها متوفرة فيها الشروط على القول الاول وهو القول الجديد فيسن اعادة الظهر بعدها احتياطا فرارا من خلاف من منعها بدون اربعين اهـ . رسالة الجمعة
Berkata as-syaikh salim al-hudlori  : dalam madzhab syafi’i mengenai jumlah yang menjadi ketentuan jum’at ada empat qoul, yang mu’tamad adalah qoul jadid mengharuskan jumlah jum’at 40 orang. Tiga qoul lain adalah qoul qodim dan hukumnya dlo’if yaitu :

ü  4 orang salah satunya imam
ü  3 orang salah satunya imam
ü  12 orang salah satunya imam

Qoul Qodim tersebut boleh diikuti/ diamalkan karena Qoul tersebut telah dikuatkan oleh ASHHABUS SYAFI'I yaitu Imam Al-Muzaniy, Imam Ibnu Al-Mundzir, dan Imam As Suyuthiy. Bughyah Al-mustarsyidin halaman 81

قوله أى غير الإمام الشافعي أى باعتبار مذهبه الجديد فلا ينافي أن له قولين قديمين في العدد أيضا أحدهما أقلهم أربعة حكاه عنه صاحب التلخيص وحكاه في شرح المهذب واختاره من أصحابه المزني كما نقله الأذرعي في القوت وكفى به سلفا في ترجيحه فإنه من كبار أصحاب الشافعي ورواة كتبه الجديدة وقد رجحه أيضا أبو بكر بن المنذر في الأشراف كما نقله النووي في شرح المهذب ثاني القولين اثنا عشر وهل يجوز تقليد أحد هذين القولين الجواب نعم فإنه قول للإمام نصره بعض أصحابه ورجحه وقولهم القديم لا يعمل به محله مالم يعضده الأصحاب ويرجحوه وإلا صار راجحا من هذه الحيثية وإن كان مرجوحا من حيث نسبته للإمام وقال السيوطي كثيرا ما يقول أصحابنا بتقليد أبي حنيفة في هذه المسئلة وهو إختياري إذ هو قول للشافعي قام الدليل على رجحانه إه وحينئذ تقليد أحد هذه القولين أولى من تقليد أبي حنيفة فتنبه وقد ألفت رسالة تتعلق بجواز العمل بالقول القديم للإمام الشافعي رضي الله عنه في صحة الجمعة بأربعة وبغير ذلك فانظرها إن شئت. إعانة الطالبين ٢/٥٨-٥٩
Dalam kasus di atas menurut imam Al Bulqiniy harus shalat zhuhur, akan tetapi kalau shalat jum'at karena taqlid pada imam yang memperboleh kurang dari 40 orang jga boleh dan lebih baik lagi bila shalat jum'at kemudian disertai dengan shalat zhuhur. Bahkan menurut sebagian Ulama, takutlah meninggalkan shalat jum'at walaupun kurang dari 40 orang karena shalat jum'at bagian dari rahmat Allah dan pelebur dosa dalam seminggu. :


.وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين يصلون الجمعة أو الظهر فأجاب رحمه الله يصل

Wallahu A'lam Bis Shawaab

 * Narasumber Koordinator GPAI SMKN 5 Surabaya

gpaismkn5sby. Diberdayakan oleh Blogger.