NgajOL sesi-16
MENUNDA-NUNDA QADHA PUASA
Pertanyaan :
Adakah qoul /pendapat Ulama yang
mengatakan bahwa orang yang sakitnya bertahun-tahun, hanya diwajibkan membayar
fidyah tanpa mengqodho ? semisal ada orang yang sakit menerus hingga 20 tahun
kemudian sembuh dan akhirnya kuat berpuasa
Penjelasan :
Berikut kami sajikan beberapa hukum
terkait fidyah dan qodlo' puasa :
1.
Kalangan Syafiiyah berpendapat bila pengakhiran qadha
puasa tersebut sebab adanya udzur yang Istimroor (terus
menerus) baginya cukup mengqadha puasa tanpa menyertakan membayar fidyah.
2.
ومن أخر قضاء رمضان
مع إمكانه حتى دخل رمضان آخر لزمه مع القضاء لكل يوم مد لأن ستة من الصحابة رضي الله
عنهم قالوا بذلك ولا مخالف لهم ويأثم بهذا التأخير
قال في المجموع ويلزمه المد بدخول
رمضان أما من لم يمكنه القضاء لاستمرار عذره حتى دخل رمضان فلا فدية عليه بهذا التأخير
Artinya : Barang
siapa yang mengakhirkan qadha puasa ramadhan padahal berkesempatan mengqadhanya
hingga memasuki ramadhan yang lain (ramadhan berikutnya) wajib baginya
mengqodlo' disetiap hari yang pernah ia tinggalkan dan menyertainya dengan satu
MUD (6,25 gram) karena enam shahabat nabi menyatakan masalah ini dan tidak ada
perbedaan diantara mereka, dan ia berdosa sebab mengakhirkannya.
3.
Imam Nawawy berkata dalam kitab
‘al-Majmuu’ :
"Dan wajib baginya satu Mud sebab
mengakhirkannya hingga masuk ramadhan berikutnya, sedang bagi yang tidak
berkesempatan mengqadhainya karena udzurnya yang terus berlangsung hingga
memasuki ramadhan berikutnya maka tidak berkewajiban membayar fidyah (sehari
satu mud) sebab pengakhiran qadhanya itu. [ Kitab Iqnaa’ juz 1].
Pertanyaan :
Lalu, apakah ada pendapat yang mengatakan
tidak perlu mengqodo' ?
Penjelasan :
Ada, yaitu pendapat Ibn Abbas, Ibn Umar,
Sa’id Bin Jubir dan Qataadah yang menyatakan : “Puasa yang ada dijalani, puasa
yang telah lewat fidyahnya dibayari dan tidak ada qadha puasa lagi”.
} فرع}
في مذاهب العلماء في من أخر قضاء رمضان بغير عذر حتى دخل رمضان آخر
قد
ذكرنا ان مذهبنا انه يلزمه صوم رمضان الحاضر ثم يقضى الاول ويلزمه عن كل يوم فدية وهى
مد من طعام وبهذا قال ابن عباس وابو هريرة وعطاء بن أبي رباح والقاسم بن محمد والزهرى
والاوزاعي ومالك والثوري واحمد واسحق الا ان الثوري قال الفدية مدان عن كل يوم وقال
الحسن البصري وابراهيم النخعي وابو حنيفة والمزني وداود يقضيه ولا فدية عليه أما إذا
دام سفره ومرضه ونحوهما من الاعذار حتى دخل رمضان الثاني فمذهبنا انه يصوم رمضان الحاضر
ثم يقضى الاول ولا فدية عليه لانه معذور وحكاه ابن المنذر عن طاوس والحسن البصري والنخعي
وحماد بن ابى سليمان والاوزاعي ومالك واحمد واسحق وهو مذهب ابى حنيفه والمزنى وداود
قال ابن المنذر وقال ابن عباس وابن عمر وسعيد بن جبير وقتادة يصوم رمضان الحاضر عن
الحاضر ويفدى عن الغائب ولا قضاء عليه
[ al-Majmuu’ alaa Syarh al Muhaddzab juz
6]
Wallahu a'lam
Semoga manfaat.
Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
Nara Sumber : Ust. Muchamad Sofyan Hadi, M.Pd.I
Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
BACA JUGA :