
APAKAH SHALAT JUM'AT MINIMAL 40 ORANG ?
oleh : Ust. Muchamad Sofyan Hadi, M.Pd.I*
PERTANYAN 1 :
Assalamu'alaikum, saya mau tanya mengenai
landasan atau dasar dalil "mengapa Imam Syafi'i mengharuskan di dalam
shalat jum'at jama'ahnya minimal 40 orang ?" mengapa harus 40 ? kemudian
apa landasan dalilnya ?
PEMBAHASAN :
Ada beberapa hadits yang menjadi landasan
syarat 40 orang dalam shalat jum'at, Salah satunya hadits yang diriwayatkan
dari Ibnu Mas'ud RA:
ุฃูู
ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุฌู
ุน ุจุงูู
ุฏููุฉ ููุงููุง ุฃุฑุจุนูู ุฑุฌูุง
Sesungguhnya Rosulullah shallallahu
'alaihi wa sallam melaksanakan shalat jum'at di madinah dan jumlah mereka
sebanyak 40 orang laki-laki.
Dalam
hadits lain Rosulullah bersabda:
ุฅุฐุง
ุงุฌุชู
ุน ุฃุฑุจุนูู ูุนูููู
ุงูุฌู
ุนุฉ
Jika berkumpul 40 orang maka wajib pada
mereka shalat jum'at.
Dalam satu hadits Rosulullah juga
bersabda:
๏ปป ุฌู
ุนุฉ
ุฅ๏ปป ูู ุฃุฑุจุนูู
Tiada kewajiban shalat jum'at kecuali
dalam 40 orang. (I'anah Tholibin 2/56)
_______________________________________
PERTANYAAN 2 :
Lalu kemudian apakah ada pendapat yg memperbolehkan dilaksanakannya Jumatan jika jamaahnya kurang dari 40 orang ????
PEMBAHASAN :
Manurut madhab Syafi'i tidak sah salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 orang. Dan sebagian Ash-habus Syafi'iyyah memilih pada bolehnya salat jum'at dengan hitungan kurang dari 40 dengan taqlid pada pendapat yang membolehkannya.
ุซู
ูุงู ุงูุดูุฎ ุณุงูู
ุงูุญุถุฑู ูู ูุชุงุจู ุงูู
ุฐููุฑุฉ ูู
ุฑุฉ 21 ุงู ููุดุงูุนู ุฑุญู
ูุงููู ุชุนุงูู ูุจ ุงูุนุฏุฏ ุงูุฐู ุชูุนูุฏ ุจู ุงูุฌู
ุนุฉ ุงุฑุจุนุฉ ุงููุงู ููู ู
ุนุชู
ุฏ ููู ุงูุฌุฏูุฏ ููู ููููู
ุงุฑุจุนูู ุจุงูุดุฑูุท ุงูู
ุฐููุฑุฉ , ูุซูุงุซุฉ ุงููุงู ูู ุงูู
ุฐูุจ ุงููุฏูู
ุถุนููุฉ ุงุญุฏูุง ุงุฑุจุนุฉ ุงุญุฏูู
ุงูุงู
ุงู
ูุงูุซุงูู ุซูุงุซุฉ ุงุญุฏูู
ุงูุงู
ุงู
ูุงูุซุงูุซ ุงุซูู ุนุดุฑ ุงุญุฏูู
ุงูุงู
ุงู
, ูุนูู ุงูุนุงูู ุงูุทุงูุจ ู
ุง ุนูุฏ ุงููู ุชุนุงูู ู
ู ุซูุงุจู ูุฑุถุงู ุงู ูุงูุชุฑู ุงูุฌู
ุนุฉ ู
ุง ูุฃุชู ูุนููุง ุนูู ูุงุญุฏ ู
ู ูุฐู ุงูุงููุงู ุงูุงุฑุจุนุฉ ูููู ุงุฐุง ูู
ุชุนูู
ุงูุฌู
ุนุฉ ุงููุง ู
ุชููุฑุฉ ูููุง ุงูุดุฑูุท ุนูู ุงูููู ุงูุงูู ููู ุงูููู ุงูุฌุฏูุฏ ููุณู ุงุนุงุฏุฉ ุงูุธูุฑ ุจุนุฏูุง ุงุญุชูุงุทุง ูุฑุงุฑุง ู
ู ุฎูุงู ู
ู ู
ูุนูุง ุจุฏูู ุงุฑุจุนูู ุงูู . ุฑุณุงูุฉ ุงูุฌู
ุนุฉ
Berkata as-syaikh salim al-hudlori : dalam madzhab syafiโi mengenai jumlah yang menjadi ketentuan jumโat ada empat qoul, yang muโtamad adalah qoul jadid mengharuskan jumlah jumโat 40 orang. Tiga qoul lain adalah qoul qodim dan hukumnya dloโif yaitu :
รผ 4 orang salah satunya imam
รผ 3 orang salah satunya imam
รผ 12 orang salah satunya imam
Qoul Qodim tersebut boleh diikuti/ diamalkan karena Qoul tersebut telah dikuatkan oleh ASHHABUS SYAFI'I yaitu Imam Al-Muzaniy, Imam Ibnu Al-Mundzir, dan Imam As Suyuthiy. Bughyah Al-mustarsyidin halaman 81
ูููู ุฃู ุบูุฑ ุงูุฅู
ุงู
ุงูุดุงูุนู ุฃู ุจุงุนุชุจุงุฑ ู
ุฐูุจู ุงูุฌุฏูุฏ ููุง ููุงูู ุฃู ูู ููููู ูุฏูู
ูู ูู ุงูุนุฏุฏ ุฃูุถุง ุฃุญุฏูู
ุง ุฃูููู
ุฃุฑุจุนุฉ ุญูุงู ุนูู ุตุงุญุจ ุงูุชูุฎูุต ูุญูุงู ูู ุดุฑุญ ุงูู
ูุฐุจ ูุงุฎุชุงุฑู ู
ู ุฃุตุญุงุจู ุงูู
ุฒูู ูู
ุง ูููู ุงูุฃุฐุฑุนู ูู ุงูููุช ูููู ุจู ุณููุง ูู ุชุฑุฌูุญู ูุฅูู ู
ู ูุจุงุฑ ุฃุตุญุงุจ ุงูุดุงูุนู ูุฑูุงุฉ ูุชุจู ุงูุฌุฏูุฏุฉ ููุฏ ุฑุฌุญู ุฃูุถุง ุฃุจู ุจูุฑ ุจู ุงูู
ูุฐุฑ ูู ุงูุฃุดุฑุงู ูู
ุง ูููู ุงููููู ูู ุดุฑุญ ุงูู
ูุฐุจ ุซุงูู ุงูููููู ุงุซูุง ุนุดุฑ ููู ูุฌูุฒ ุชูููุฏ ุฃุญุฏ ูุฐูู ุงูููููู ุงูุฌูุงุจ ูุนู
ูุฅูู ููู ููุฅู
ุงู
ูุตุฑู ุจุนุถ ุฃุตุญุงุจู ูุฑุฌุญู ูููููู
ุงููุฏูู
ูุง ูุนู
ู ุจู ู
ุญูู ู
ุงูู
ูุนุถุฏู ุงูุฃุตุญุงุจ ููุฑุฌุญูู ูุฅูุง ุตุงุฑ ุฑุงุฌุญุง ู
ู ูุฐู ุงูุญูุซูุฉ ูุฅู ูุงู ู
ุฑุฌูุญุง ู
ู ุญูุซ ูุณุจุชู ููุฅู
ุงู
ููุงู ุงูุณููุทู ูุซูุฑุง ู
ุง ูููู ุฃุตุญุงุจูุง ุจุชูููุฏ ุฃุจู ุญูููุฉ ูู ูุฐู ุงูู
ุณุฆูุฉ ููู ุฅุฎุชูุงุฑู ุฅุฐ ูู ููู ููุดุงูุนู ูุงู
ุงูุฏููู ุนูู ุฑุฌุญุงูู ุฅู ูุญููุฆุฐ ุชูููุฏ ุฃุญุฏ ูุฐู ุงูููููู ุฃููู ู
ู ุชูููุฏ ุฃุจู ุญูููุฉ ูุชูุจู ููุฏ ุฃููุช ุฑุณุงูุฉ ุชุชุนูู ุจุฌูุงุฒ ุงูุนู
ู ุจุงูููู ุงููุฏูู
ููุฅู
ุงู
ุงูุดุงูุนู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูู ุตุญุฉ ุงูุฌู
ุนุฉ ุจุฃุฑุจุนุฉ ูุจุบูุฑ ุฐูู ูุงูุธุฑูุง ุฅู ุดุฆุช. ุฅุนุงูุฉ ุงูุทุงูุจูู ูข/ูฅูจ-ูฅูฉ
Dalam kasus di atas menurut imam Al Bulqiniy harus shalat zhuhur, akan tetapi kalau shalat jum'at karena taqlid pada imam yang memperboleh kurang dari 40 orang jga boleh dan lebih baik lagi bila shalat jum'at kemudian disertai dengan shalat zhuhur. Bahkan menurut sebagian Ulama, takutlah meninggalkan shalat jum'at walaupun kurang dari 40 orang karena shalat jum'at bagian dari rahmat Allah dan pelebur dosa dalam seminggu. :
.ูุณุฆู ุงูุจููููู ุนู ุฃูู ูุฑูุฉ ูุง ูุจูุบ ุนุฏุฏูู
ุฃุฑุจุนูู ูุตููู ุงูุฌู
ุนุฉ ุฃู ุงูุธูุฑ ูุฃุฌุงุจ ุฑุญู
ู ุงููู ูุตู
Wallahu A'lam Bis Shawaab
* Narasumber Koordinator GPAI SMKN 5 Surabaya
0 komentar:
Posting Komentar