NgsjOL Sesi-11
SUAMI ISTRI
JIMA’ DI BULAN RAMADHAN,
SIAPA YANG KENA KAFFARAT ?
Pertanyaan :
Ustadz, ngapunten (mohon maaf)....
Jika suami istri ber-jima' di saat dia puasa bulan Romadhon, maka
siapakah yang diwajibkan qodho' dan tunaikan kafarat-nya ?
Penjelasan :
Penanya yang dirahmati Allah Swt., dalam
hal ini, pendapat yang paling shahih : kewajiban kaffarat hanya buat
suami
ويقول في الكفارة ثلاثة اقوال (اصحها) تجب علي الزوج خاصة (والثانى) تجب عليه عنه وعنها (والثالث) يلزم كل واحد منهما كفارة والاصح علي الجملة وجوب كفارة واحدة عليه خاصة عن نفسه فقط وانه لا شئ على المرأة ولا يلاقيها الوجوب وذكر الدارمي وغيره في المسألة أربعة اقوال هذه الثلاثة (والرابع) يجب علي الزوج في ماله كفارتان كفارة عنه وكفارة عنها
Terdapat tiga pendapat dalam masalah KAFFARAT (denda pelanggaran) sebab persenggamaan di siang bulang ramadhan :
1.
Kewajiban kaffaratnya khusus bagi suami (pendapat paling shahih).
2.
Kewajiban kaffaratnya bagi suami untuk dirinya dan untuk istri
(satu kaffarat untuk mereka berdua).
3.
Masing-masing suami istri wajib mengeluarkan kaffaarat. Pendapat
paling shahih adalah yang menyatakan ‘kewajiban kaffarat khusus bagi suami’
sebagai denda buatnya sendiri dan untuk istri tidak diwajibkan sesuatupun
(kecuali qadha).
4.
Kewajibannya bagi suami hanya saja dia wajib mengeluarkan dua
kaffaarat dari hartanya, satu kaffarat untuk dirinya dan satu kaffarat untuk
istrinya (ini pendapat ad-Daraamy dan lainnya).
[ al-Majmu’ ‘ala Syarh alMuhadzdzab juz 6
/331].
Pertanyaan :
Andaikan suami batalin puasa dulu pake
makan dan minum terus menjimak istrinya, apakah masih ada kewajiban kaffarot
?
Penjelasan :
Penanya yang berbahagia, menurut Imam
Malik dan imam Hanafy wajib kaffarat sedang menurut Imam Syafi’I dan
imam hanbaly tidak wajib….
Berikut dasar Rujukan :
فلا تجب على موطوء لأن المخاطب بها في الخبر المذكور هو الفاعل ولا على نحو ناس من مكره وجاهل ومأمور بالإمساك لأن وطأه لا يفسد صوما ولا على من وطئ بلا عذر ثم جن أو مات في اليوم لأنه بان أنه لم يفسد صوم يوم و لا على مفسد غير صوم كصلاة أو صوم غيره ولو في رمضان كأن وطئ مسافر أو نحوه امرأته ففسد صومها أو صومه في غير رمضان كنذر وقضاء لأن النص ورد في صوم رمضان كما مر وهو مخصوص بفضائل لا يشركه فيها غيره أو مفسد له ولو في رمضان بغير وطء كأكل واستمناء لأن النص ورد في الوطء وما عداه ليس في معناه و لا على من ظن وقت الوطء ليلا أي بقاءه أو دخوله أو شك فيه فبان نهارا أو أكل ناسيا وظن أنه أفطر به ثم وطئ عامدا أو كان صبيا لسقوط الكفارة بالشبهة في الجميع ولعدم الإثم فيما عدا ظن دخول الليل بلا تحر أو الشك فيه و لا على مسافر وطئ زنا أو لم ينو ترخصا لأنه لم يأثم به للصوم بل للزنا أو للصوم مع عدم نية الترخص ولأن الإفطار مباح له فيصير شبهة في درء الكفارة وذكر الشك المفرع على قولي ولا شبهة من زيادتي قوله ( أو أكل ناسيا وظن أنه أفطر به ) أما إذا علم أنه لا يفطر به ثم جامع في يومه فيفطر وتجب الكفارة
(Kitab Syarh al-Minhaj juz 3/345)
أن يفسد الصوم بالجماع وحده: فإن أكل ثم جامع، لا كفارة عليه، ولا كفارة بغير الجماع كالأكل والشرب والاستمناء باليد، والمباشرة فيما دون الفرج المفضية إلى الإنزال.
(Kitab Al-Fiqh al-Islam Wa adillatuh juz
3/97)
Wallahu a'lam
Semoga manfaat.
Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
Nara Sumber : Ust. Muchamad Sofyan Hadi, M.Pd.I
Pertanyaan terkait dapat dituliskan di kolom Komentar
0 komentar:
Posting Komentar